Orangtua Biasakan Mendongeng untuk Anak Ya, karena Bisa Jauhkan dari Kecanduan Gadget

Mendengarkan dongeng biasanya hal yang paling dinantikan oleh para anak-anak pada saat sebelum tidur. Mereka akan merasa senang, dan aman setelah dibacakan dongeng oleh ayah ataupun ibu.
Tapi, kini sepertinya kebiasaan mendongeng sebelum tidur sudah tidak lagi seperti dulu, karena orangtua dan anak memiliki kesibukan masing-masing dengan gadget mereka. Sehingga hal ini menjadi pemicu hilangnya komunikasi antara orangtua dengan anak.

Mungkin beberapa orang tidak percaya, bahwa menceritakan dongeng kepada anak merupakan salah satu komunikasi yang baik agar hubungan orangtua dan anak dapat sejalan. Dengan begitu, akan terjadi komunikasi dua arah, sehingga bukan hanya anak yang harus mendengar ucapan orangtua, tapi juga sebaliknya, karena seorang anak juga memiliki hak untuk berpartisipasi dalam keluarga dan didengarkan suaranya. 

Tapi ketika orangtua telah membiasakan diri untuk tetap terlihat sibuk dengan gadget di depan anaknya, bukan tidak mungkin anak akan menirunya, karena mereka merasa tidak diperhatikan lagi. Sehingga akhirnya, gadget dijadikan pelarian, dan kebanyakan orangtua tidak menyadari hal ini, karena mereka berpikir si anak hanya sebatas meminta perangkat tersebut untuk bermain.

Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si., selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) juga mengungkapkan betapa pentingnya mendongeng untuk memperkuat hubungan antara orangtua dan anak.

“Dengan mendongeng, hubungan efektif antara orangtua dan anak dapat terjalin. Dengan cara ini, orangtua juga akan lebih mudah memberi arahan kepada anak-anak, tanpa harus ada kekerasan, seperti menjewer telinga, ataupun membentak,” ujarnya saat diwawancarai dalam acara kampanye #JamMainKita di Silang Monumen Nasional (Monas),  Minggu (25/03/2018)

Kak Seto juga menambahkan, memulai kembali kebiasaan seperti mendongeng, ataupun bernyanyi bersama anak harus dilakukan, karena setiap orangtua pasti ingin yang terbaik untuk sang buah hati. Itu dapat dimulai dari kebiasaan kecil seperti ini.

Jadi, kelak mereka akan mengingat bahwa dulu, ayah dan ibu pernah mengajarkan banyak hal. Hal ini juga akan menurunkan tingkat kebutuhan anak akan gadget, karena mereka telah terbiasa berdiskusi bersama orangtua, gadget dibutuhkan hanya dibutuhkan untuk keperluan-keperluan tertentu saja, untuk pekerjaan sekolah misalnya.
Orangtua Biasakan Mendongeng untuk Anak Ya, karena Bisa Jauhkan dari Kecanduan Gadget Orangtua Biasakan Mendongeng untuk Anak Ya, karena Bisa Jauhkan dari Kecanduan Gadget Reviewed by dzaky on 10.45 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.