Arab Saudi Tembak Jatuh Tujuh Rudal Houthi, Satu Orang Tewas

Pertahanan udara Arab Saudi menembak jatuh tujuh rudal balistik yang ditembakkan kelompok Houthi dari Yaman. Satu orang tewas akibat terkena serpihan dalam persitiwa itu.
Kantor Berita Arab Saudi, SPA melaporkan, tiga rudal Houthi ditembak jatuh di timur laut Riyadh beberapa saat menjelang tengah malam. Sementara empat rudal lainnya ditembakkan di Kota Najran, Jizan dan Khamis Mushait di selatan Arab Saudi.

Juru Bicara Koalisi Pimpinan Arab Saudi, Turki al-Malki dalam keterangan yang dilansir Reuters, Senin (26/3/2018) mengatakan, serpihan dari rudal itu jatuh menimpa sebuah rumah di Riyadh dan menewaskan seorang penghuni warga negara Mesir dan melukai dua lainnya.
Di daerah al-Malqa, serpihan rudal yang jatuh menimbulkan sebuah kawah dan menghancurkan kaca di rumah sekitarnya. 

Serangan tersebut merupakan serangan rudal ketiga dalam lima bulan yang mengarah ke Riyadh. Houthi menunjukkan bahwa rudal mereka memiliki kemampuan untuk menjangkau ibu kota Arab Saudi itu.

Koalisi negara Arab Teluk yang dipimpin Saudi melancarkan operasi militer terhadap Houthi di Yaman pada Maret 2015, setelah milisi yang bersekutu dengan Iran itu merebut Ibu Kota Yaman, Sanaa dan memaksa Presiden Abd Rabbu Mansour al-Hadi melarikan diri. Riyadh menganggap aksi Houthi itu merupakan upaya Iran untuk merebut kekuasaan di Yaman.

Konflik di Yaman telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dan membuat lebih dari 2 juta orang terlantar. Konflik itu telah menyebabkan krisis kemanusiaan di Yaman yang negara termiskin di Semenanjung Arab di mana saat ini Hhampir 1 juta orang telah terinfeksi kolera.
Arab Saudi Tembak Jatuh Tujuh Rudal Houthi, Satu Orang Tewas Arab Saudi Tembak Jatuh Tujuh Rudal Houthi, Satu Orang Tewas Reviewed by dzaky on 12.14 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.